tips berbicara di muka umum

Bagi sebagian orang, tampil di depan umum orang banyak merupakan sesuatu yang menakutkan karena ketidaksiapan serta ketidakmampuan untuk tampil percaya diri mengatakan hal-hal yang seharusnya disampaikan. Padahal bicara di depan umum bisa dipelajari dan dilatih agar terbiasa dan tidak gugup saat diminta tampil di muka umum. Kemampuan ini sangat penting untuk dimiliki oleh orang-orang yang ingin menjadi pemimpin dan figur publik.
Untuk anda-anda yang hingga saat ini mengalami kesulitan serta rasa takut, gugup, keringat panas dingin, mulas, deg-degan, dan lain sebagainya ketika tampil di depan umum, organisasi.org memiliki beberapa tips ringan yang bisa anda coba praktekkan untuk meningkatkan kemampuan anda berbicara di depan banyak orang.
1. Terbiasa Berbicara Yang Baik (Formal)
Mulailah berbicara secara formal dan kurangi gaya berbicara bebas lepas di sekitar lingkungan kerja dan bisnis anda. Semakin anda sering bicara secara baik dan benar, maka semakin siap anda untuk tampil di muka publik. Rajin-rajinlah membaca buku, internet, koran dan majalah untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan anda.
2. Sering Latihan Di Depan Cermin / Kaca
Lihat diri anda sendiri saat anda bicara dan perbaiki kekurangan-kekurangan yang ada mulai dari kata-kata hingga ekspresi wajah saat berbicara. Latihan bicara bisa menggunakan topik-topik sambutan suatu acara, pura-pura menjadi reporter, ceramah agama, menjadi guru, jadi mc, dan lain sebagainya.
3. Paksakan Untuk Praktek
Dimulai dari forum-forum kecil biasakanlah untuk mencoba memberikan pendapat atau pertanyaan saat ada kesempatan. Setelah terbiasa dan mulai menguasai, maka anda bisa mempraktekkannya di forum-forum atau acara yang lebih besar.
4. Belajar Menjawab Pertanyaan
Mungkin saja suatu saat anda diharapkan menjadi seorang narasumber ataupun tiba-tiba ada yang interupsi saat anda bicara, maka latih diri anda untuk siap menerima pertanyaan dengan melatih diri membuat pertanyaan dalam berbagai tingkat kesulitan dan menjawabnya.
5. Gunakan Gaya Anda Sendiri
Berbicara di depan umum tidak harus meniru apa-apa yang telah standar baku, tetapi anda bisa mencoba gaya anda sendiri selama tidak aneh sehingga tidak menjadi bahan tertawaan orang banyak.
6. Berbicara Secara Terstruktur
Sebelum mahir, sebaiknya sebelum latihan anda rajin-rajin mempelajari penampilan orang lain yang sudah ahli dan lihat bagaimana struktur pembicaraannya. Mulai dari pembuka, ucapan terima kasih, penghormatan, inti pembicaraan, menjawab pertanyaan, kesimpulan, penutup, dan lain-lain sebagainya. Berbicara di depan umum sebaiknya terstruktur dengan kerangka yang baik.
7. Minta Dinilai Orang Lain
Bila kita sudah merasa sedikit percaya diri, bolehlah kita coba tes kemampuan diri kita sendiri dihadapan orang-orang yang sudah kita kenal seperti keluarga atau teman untuk menyaksikan penampilan sederhana kita dan meminta mereka untuk memberikan penilaian yang seobjektif mungkin dan apa-apa yang perlu diperbaiki agar ke depan bisa lebih baik.
Semoga artikel tulisan ini bisa memberikan manfaat yang positif bagi kita semua. Kurang lebih mohon maaf dan terima kasih atas kunjungan anda

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s